Pengertian
Organisasi dan Metode
1.Organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang
yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan
yang telah ditetapkan.
1.Organisasi menurut Stoner adalah suatu pola
hubungan-hubungan yang melalui orang-orang dibawah pengarahan manajer untuk
mencapai tujuan bersama.
2.Organisasi menurut James D.Mooney adalah bentuk setiap
perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3.Organisasi menurut Prof.Dr.Sondang Siagian adalah
bentuk persekutuan dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan
bersama dan terikat secara formal.
2.Metode
Metode berasal dari bahasa Yunani “Methodos” yang
berarti cara atau jalan yang ditempuh. Metode menyangkut masalah cara kerja
untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan.
Pengertian Organisasi dan Metode
Sebelum menginjak pada materi
membahasan organsisasi, berikuti diuraikan terlebih dahulu pengertian
organisasi dan metode secara lengkap, terlebih dahulu akan ditinjau secara
sekilas arti dari kata organisasi dan metode. Istilah organisasi dapat
diartikan sebagai berikut:
·
Wadah : Sekelompok manusia untuk saling bekerja sama.
·
Proses : Pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien.
Sedangkan istilah metode tersebut berarti suatu tata
kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien. Pengertian Organisasi
dan Metode secara lengkap adalah Rangkaian proses kegiatan yang harus
dilakukanuntuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor yang menentukan
bagi berhasilnya proses Manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan
dinamika organisasi atau birokasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah
ditetapkan.
Dari pengertian tersebut terkandung beberapa
maksud yaitu :
·
Organisasi
dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
·
Organisasi
dan metode penting bagi kegiatan manajemen
·
Organisasi
dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
·
Organisasi
dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
Organisasi adalalah sekumpulan orang
yang bekerja sama yang mempunyai tujuan yang sama dan mempunyai manajemen.dan
setiap menajemen itu sendiri tidak pernah terlepas dari 4 hal ini di antaranya
adalah:P,O,A,C. Yaitu:
·
PLANING
adalah perencanaan
·
Organization
adalah pengorganisasi
·
Actuniety
adalah penepatan sesuai prosedur
·
Controling
adalah pengawasan
Jadi sepintar apapun orang dengan beragam title dan
sarjana jika ia membuat organisasi maka ia tak akan terlepas oleh 4 hal
ini,karena ini selalu mencakupi untuk berjalannya roda organisasi itu
sendiri.dan begitu banyak sekali macam-macam definisi organisasi itu sendiri
dan saya hanya menjelaskan define umum organisi dari orang yang termuka
diantaranya adalah:
Definisi organisasi:
Definisi organisasi:
·
Menurut
chester I bernand(suatu system kegiatan bersama antar 1 orang dan lebih daro 2
orang,sesuatu sifat yang tidak berwujud &tidak bersifat berseorangan dan
sebagian besar mengenai hubungan)
·
Menurut
JOHN M.GOUS(tata hubungan antar orang-orang untuk untuk dapat memungkinkan
tercapainya tujuan bersama dengan adanya pembagian tugas & dan bertanggung
jawab atas tugasnya)
·
Menurut
JOMES D.MOONEY( bentuk kerjasama manusia untuk pencapai tujuan bersama)
Dan organisasi itu juga mempunyai pandangan diantaranya
adalahsebagai pandangan wadah”tempat kegiatan dilaksanakan,dan juga sebagai
proses”yaitu hubungan formil dan informal,dan sebagai system.
Sumber :
http://aloel129.blogspot.com/2012/04/2-pengertian-organisasi-dan-metode.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar